Article
Kandungan Protein di dalam Kedelai
6
Share it on your
Posted by: Soylution | Selasa, 12 Maret 2013

kandungan kedelai berupa asam amino dan isoflavon

Ada banyak alasan yang menjadikan kedelai salah satu bahan pangan favorit para pakar kesehatan. Dalam sebutir kedelai, kita bisa menemukan beragam zat gizi yang penting bagi tubuh, yaitu protein, lemak tak jenuh, vitamin, dan mineral. Kedelai juga kaya kandungan serat.

Di antara berbagai jenis zat gizi tersebut, kandungan protein kedelai yang menjadi "primadona". Menurut penelitian, protein di dalam kedelai adalah yang terbaik di antara jenis kacang-kacangan lainnya. Persentase jumlahnya juga tinggi, di dalam sebutir kedelai, kita bisa menemukan kandungan protein sebanyak 30– 45%.

Protein di dalam kedelai juga tergolong jenis protein yang mudah dicerna dan memiliki nilai Protein Efisiensi Rasio (PER) tinggi, sehingga dapat disejajarkan dengan protein hewani. Atas dasar itulah, kedelai dinobatkan sebagai sumber protein ideal bagi para penganut pola makan vegetarian yang tidak mendapatkan asupan protein hewani. Mengandung kaya akan protein, konsumsi kedelai amat bermanfaat untuk pertumbuhan sel-sel tubuh serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Sebagai pengganti sumber protein hewani, protein di dalam kedelai dapat dikonsumsi dalam berbagai cara. Selain disantap dalam bentuk aslinya, kedelai juga biasa dinikmati dalam berbagai jenis produk olahannya, seperti tahu, tempe, kembang tahu, kecap, dan sebagainya. Produk susu dari kedelai juga tak asing lagi ditemukan di pasar swalayan maupun industri-industri rumahan. Kedelai juga dijadikan bahan baku pembuatan daging nabati serta bahan tambahan pada beraneka produk dari daging seperti sosis, kornet, nugget, dan sebagainya.

0
567
0 comments
0 shares
Mencukupi Kebutuhan Protein dengan Tepat
Mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup dari sumber protein yang tepat adalah salah satu aspek pola makan sehat.
370
0 comments
1 shares
Menjalani Pola Makan Rendah Glikemik Indeks dengan Mudah
Memulai diet rendah glikemik indeks bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus menghafalkan nilai glikemik indeks setiap bahan makanan yang Anda
347
0 comments
0 shares
Kedelai dan Indonesia: Dekat di Mata, Lekat di Hati
Kedelai sudah lama dikenal di Indonesia. Saking populernya, jenis kacang yang kulitnya berbulu ini punya banyak nama sebutan lokal: kedele (Sunda),
TRENDING TITLES