Article
Bercocok Tanam Kedelai
0
Share it on your
Posted by: Soylution | Selasa, 12 Maret 2013

Meski tergolong tumbuhan subtropis, kedelai dapat pula dibudidayakan di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Di sini, kedelai banyak ditanam di daerah dataran rendah, pada lahan yang tak banyak mengandung air seperti di pesisir Utara Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Utara (Gorontalo), Lampung, Sumatera Selatan, dan Bali.

Cara menanam kedelai adalah dengan menebar bijinya. Di Indonesia, petani merendam biji kedelai semalaman dan menanamnya di lahan pada hari berikutnya. Biji kedelai langsung ditebar ke dalam lubang-lubang yang berjarak 20-30 cm antara satu sama lain. Kapan waktu paling pas untuk menanam kedelai? Tak lain adalah pada akhir musim penghujan, setelah masa panen padi usai.

Di kebun, kedelai dapat ditanam baik sebagai tanaman tunggal maupun dengan sistem tumpangsari, diselingi oleh tanaman jagung, singkong, gandum, pisang, tebu, karet, kelapa sawit, ataupun buah-buahan. Kedelai juga bisa ditanam di antara padi, di sepanjang pematang sawah.

Untuk menambah kesuburan tanah, pemupukan dasar nitrogen dan fosfat perlu dilakukan, terutama pada lahan yang belum pernah ditanami kedelai sebelumnya. Pada lahan yang demikian, petani biasanya akan memberikan pupuk "starter" berupa bakteri pengikat nitrogen. Jadwal pemupukan selanjutnya adalah pada saat tanaman kedelai berusia “remaja”, serta menjelang munculnya bunga kedelai.

Panen kedelai mesti dilakukan pada saat yang tepat. Panen terlalu awal akan menyebabkan banyak biji kedelai yang tampak keriput, sedangkan panen terlambat bisa berakibat hasil panen berkurang lantaran biji kedelai banyak yang rontok. Ciri-ciri tanaman kedelai siap panen adalah daunnya telah menguning dan mudah rontok, sedangkan polongnya tampak mengering dan kecoklatan.

TAG :
kedelai
0
296
0 comments
0 shares
Keistimewaan Kedelai untuk Wanita
Kandungan kedelai yang bernama phytoestrogen bisa mencegah bintik-bintik merah, moody, hot flash, berkeringat dingin dimalam hari yang biasa dialami
354
0 comments
0 shares
Kedelai sebagai Bahan Makanan Alternatif Kaya Protein
Kedelai adalah pilihan sumber protein yang fleksibel, karena bisa dijadikan sebagai pengganti bahan makanan lain seperti daging, keju, dll.
250
0 comments
0 shares
Tahu, Solusi Sehat untuk Penyandang Diabetes
Tahu adalah makanan sederhana namun kaya nutrisi bagi Penyandang diabetes. Salah satu manfaatnya ialah mencegah terjadinya komplikasi pada penyakit
TRENDING TITLES